r/indotech • u/lthrmn • 16h ago
r/indotech • u/kaka_ririr • 1d ago
Monthly Tech Post Monthly General Discussion – September 2026 | Technology Indonesia
Welcome to r/indotech's monthly discussion! This is the place to share thoughts, questions, insights, or just casual conversations about anything related to technology.
r/indotech • u/kaka_ririr • 1d ago
Monthly Tech Post Resource and Project Showcase - September 2026
Welcome to Resource and Project Showcase thread. Karena thread Project Showcase sebelumnya sepi, jadi gw coba initiate untuk bikin Resource thread yang gw gabungin jadi satu dengan Project Showcase.
Jadi di thread ini selain kalian bisa pamerin project, kalian bisa bikin post atau komen langsung disini, Resource yang sekiranya bermanfaat tentang apapun seputar dunia tech.
PC Building and Laptop
PSU Tier List - (src)
Device and Gadget
-
Software Engineering and Programming
Web Development Bootcamp by u/cabe-rawit
Cloud and Infra
Sewa VPS
Network and Cybersecurity
Introduction to Cybersecurity - (src)
Gaming
Gamepad List Spreadsheet - (src)
Untuk sementara gw langsung taruh disini sesuai kategori. Ntar kalo misal udah kepanjangan, I'll consider using excel or notion page biar lebih gampang buat navigate.
Sebenernya banyak banget link-link bagus tertimbun. Cuma males nge-scroll wkwkwk.
Untuk Project Showcase masih gw taruh di link yang sama.
https://wary-wok-1ca.notion.site/r-indoytech-Project-Showcase-Archive-11117ef02dde80eb9752d5c74448fd5c?pvs=25
Silahkan kalau ada masukan atau apapun, we are open to suggestions. Thanks.
r/indotech • u/limolikur • 13h ago
Bug Sistem BCA ID pada myBCA yang aneh dan kurang matang
TL;DR: Sistem BCA gabisa hapus BCA ID dari rekening yang udah otomatis kehapus by sistem mereka.
Dulu sekitar tahun 2021-2023 gw punya rekening BCA dan udah terhubung ke BCA mobile & myBCA. Setelah itu karna satu dan lain hal, gw memutuskan migrasi ke bank lain dan rekening BCA gw akhirnya dihapus otomatis by sistem karna dormant lama.
Per tanggal 1 September 2026, gw akhirnya memutuskan bikin rekening BCA lagi, online, via BCA mobile. Berhasil dan sudah aktif. Tapi karna gw kurang nyaman sama UI BCA mobile, gw memutuskan untuk mencoba menghubungkan ke myBCA, dan BOOM, disitulah anomali mulai terjadi.
Sistem BCA ID mendeteksi email gw masih tertaut ke BCA ID lama. Gw telpon Halo BCA menjelaskan secara rinci problemnya, mereka juga bingung bagaimana cara solve problem ini, gw request untuk penghapusan BCA ID tapi kata cs agent gabisa karna data rekening sudah ga ada di sistem mereka (wtf?). Technically, menurut sudut pandang gw as a programmer, kalo mereka bisa ngehapus rekening dormant otomatis by sistem, kenapa BCA ID yang tertaut ga juga otomatis kehapus? Gw kurang paham apa alasan dibalik penerapan sistem ini tapi menurut gw ini aneh. Hampir makan waktu 1jam dengan agent Halo BCA, mereka cuma bisa kasih solusi gw bikin email baru. Gw nolak dan ngga berkenan buat bikin email baru cuma buat "wadah" BCA ID doang. Sempet adu argumen dengan cs agent, sebenernya kata cs agent bisa dihapus BCA ID nya kalau rekening masih aktif, tapi masalahnya rekening gw udah ga ada di sistem mereka, jadi gabisa dihapus (wtf 2?).
Gw sampein untuk coba bikin tiket laporan ke dept IT buat coba ngehapus BCA ID gw yang lama biar gw bisa daftar BCA ID baru pake email gw. Laporan sudah dibuat, dan akan dikabari kalo sudah ada solusinya. Nanti gw update disini kalo ada perkembangan.
Apakah ada yang pernah ngalamin hal serupa?
r/indotech • u/etherealwarden • 18h ago
Gadget and Devices Akhirnya gw ganti HP juga
Jadi gw habis nonton video gadgetin yang timbul di beranda. Gw kaget bener pas lihat harga dan speknya, kek udah balik ke jaman 2018/2019.
HP gw udah hampir 5 tahun, penyimpanan cuma 64 GB. Udah susah banget dipakai, ada rencana ganti HP sejak akhir tahun lalu cuma gw mikirnya nunggu bentar deh, nunggu turun. But no, it ain't gonna happen.
Habis nonton gw langsung checkout HP, yang unsurprisingly udah naik juga.
r/indotech • u/Rabbidscool • 23h ago
PC and Laptop PSA: Jangan pernah beli PSU murahan, tidak jelas, dan tidak terkenal. Tetap jangan pelit beli PSU mahal. (Walaupun budget mepet)
Enable HLS to view with audio, or disable this notification
r/indotech • u/SanHoloo • 13h ago
PC and Laptop Mau tanya soal rakit pc agres
Halo komodos, saya dapat penawaran pc dengan spek berikut:
CPU PROCESSOR : AMD PROCESSOR RYZEN 7 5700X AM4 1Y TRAY (GARANSI 1 TAHUN)
MOTHERBOARD : MSI MOTHERBOARD MATX A520M-A PRO DDR4 AM4 /AMD (GARANSI 3 TAHUN)
RAM : TEAM T-FORCE DELTA RAM LONGDIMM DDR4 16GB (8GBX2) 3600MHZ RGB BLACK (GARANSI LIFETIME
SSD NVME : ADATA SSD NVME GEN3 LEGEND 710 512GB PCIE 3.0 M.2 2280 3Y - UP TO 2400 MB/S (GARANSI 3 TAHUN)
VGA CARD : GAINWARD VGA GEFORCE RTX 5060 GHOST 8GB GDDR7 (GARANSI 3 TAHUN)
CPC CPU COOLER : COOLER MASTER CPU AIR COOLER HYPER 212 SPECTRUM V3 (1X 120MM ARGB FAN + 4 HEATPIPES) BLACK (GARANSI 2 TAHUN)
PSU : ADATA XPG PSU POWER SUPPLY PYLON 650W (80+ BRONZE)
BLACKCASE PC : COOLER MASTER PC CASE MATX ELITE 490 (3X 120MM ARGB FANS) WHITE (GARANSI 2 TAHUN)
Harga 15.700.000
Bagaimana menurut komodos?
r/indotech • u/Expensive_Put_3338 • 7h ago
Tech News TP-Link announces its first consumer Wi-Fi 8 routers — Archer 8 Ultra preorder commences September 30, in select regions
r/indotech • u/7Rexify • 1h ago
Career Advice 20M, pesimis dengan job market IT.
20M, jurusan Sistem Informasi dari kampus yang terkenal karena IT, pengalaman sebagai part-time akuntan.
Dengan banyaknya narasi yang beredar di sosmed, gua lihat dari yang masih FG atau sepuh. Mereka selalu ngeluh, “Udah 100 apply tapi masih nihil,” “100 apply belum dapet interview,” dll. Itu membuat gua bertanya, “Apakah worth it untuk belajar HTML, CSS, JavaScript, PHP, dll?”
Gua ngerasa hopeless aja sih. Banyak yang curhat dengan YoE 3–5 tahun masih sulit cari kerja di bidang IT. Tolong pencerahannya untuk prospek kerja yang seperti ini. Apa skill di bidang IT yang masih berpotensi berguna untuk dipelajari? Apa banting setir aja? What should i do? Am i stupid?
r/indotech • u/skullface41 • 19h ago
Network and Security Udah ga bisa pake DNS cloudflare di Indihome?
internet kantor pake indihome, kemaren buka macem2 masi fine2 aja pake dns cloudlfare. pagi ini baru bermasalah, baru mau jalan kalo DNS-over-HTTPS off
r/indotech • u/National_Tip9830 • 1d ago
Funny and Meme Edan gua akhirnya ada laptop gaming
Lenovo Legion Pro 5
Processor : Ryzen Core 9 18475HX
GPU : And Ryzen 4070 68GB GDDYR 9
Ram : 69 GB DDR8
Layar : TN panel 999HZ
Pemakaian mulus apalagi vram nya banyak ama ram nua 69 GB ddr8 cepet banget layar nya juga lumayan untuk kelas nya cepet 999 Hz soalnya keyboard bagus juga CPU nya kuat banget si Ryzen Core 9
r/indotech • u/Pritteto • 13h ago
Gadget and Devices Xiaomi 18 Fold Curi Start, Bakal Pakai RAM LPDDR6 Buatan China
tekno.kompas.comXiaomi dikabarkan bakal jadi produsen ponsel pertama yang memakai chip memori LPDDR6 bikinan ChangXin Memory Technologies (CXMT). Chip memori generasi terbaru ini bakal disematkan pada ponsel lipat terbaru Xiaomi, yakni Xiaomi 18 Fold.
CXMT sendiri merupakan produsen chip memori asal China. Perusahaan ini disebut sudah memasuki tahap produksi massal untuk modul memori LPDDR6 buatannya. LPDDR (Low Power Double Data Rate) sendiri merupakan standar memori hemat daya, yang lazim dipakai pada ponsel maupun perangkat mobile lain.
LPDDR6 jadi generasi penerus LPDDR5X, standar memori yang saat ini masih banyak dipakai pada berbagai smartphone flagship di pasaran.
Xiaomi 18 Fold sendiri dikabarkan meluncur pada September 2026. Ponsel ini digadang-gadang bakal mengusung layar 7,6 inci, baterai 6.000 mAh dengan dukungan pengisian daya nirkabel, serta kamera utama 200 megapiksel.
Ponsel ini turut disebut bakal ditenagai chipset Xring O3, chip besutan Xiaomi sendiri yang diproduksi lewat proses fabrikasi 3 nanometer milik TSMC. Chipset inilah yang bakal dipasangkan dengan memori LPDDR6 dari CXMT. Dari sisi kecepatan, LPDDR6 disebut sanggup mencapai 10.667 MT/s saat dipasangkan dengan Xring O3. Kemampuan maksimalnya sendiri bisa menyentuh 12.800 MT/s, sementara standar LPDDR6 secara umum mendukung kecepatan hingga 14.400 MT/s.
LPDDR6 turut memakai interface 24-bit, lebih lebar dibanding LPDDR5X. Lebar antarmuka ini yang bikin bandwidth memori meningkat signifikan, sekaligus efisiensi dan throughput yang lebih baik buat beban kerja berat, seperti AI dan grafis terintegrasi. Xiaomi 18 Fold bukan satu-satunya perangkat yang bakal memakai kombinasi Xring O3 dan LPDDR6 dari CXMT. Xiaomi Pad 9 Pro Max turut disebut bakal mengusung kombinasi serupa.
Xiaomi curi start
Lei Jun, pendiri sekaligus CEO Xiaomi, menyebut pencapaian ini luar biasa. "Xring O3 milik Xiaomi jadi chip pertama yang mendukung standar memori baru ini," kata Lei Jun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina. CXMT sendiri berkompetisi langsung dengan dua raksasa memori dunia, Samsung dan SK Hynix, dalam perlombaan menghadirkan LPDDR6. Lewat Xiaomi 18 Fold, CXMT justru berhasil melangkah lebih dulu dibanding kedua rivalnya itu.
Keunggulan melangkah lebih dulu ini dinilai penting bagi CXMT, mengingat produsen chip lain seperti Qualcomm juga digadang-gadang bakal mengadopsi LPDDR6 pada chipset flagship terbarunya, Snapdragon 8 Elite Extreme Gen 6. Chipset itu sendiri kemungkinan bakal memakai LPDDR6 dari produsen memori lain, bukan dari CXMT. Modul LPDDR6 dari CXMT ini disebut punya kapasitas hingga 16 GB per chip. Sampel produknya pun sudah mulai dikirimkan ke sejumlah klien utama untuk keperluan pengujian lebih lanjut.
Bukan cuma soal RAM
Kecepatan memori yang lebih tinggi ini diklaim bakal berdampak langsung ke pengalaman penggunaan sehari-hari. Multitasking disebut bakal terasa lebih mulus, aplikasi lebih cepat terbuka, dan fitur AI yang berat pun bisa diproses lebih efisien.
Peningkatan bandwidth memori memang jadi salah satu faktor penting, seiring makin banyaknya fitur AI yang dijalankan langsung di perangkat. Semakin cepat memori sebuah ponsel, semakin ringan pula beban yang dirasakan saat menjalankan model AI berukuran besar. Chipset Xring O3 sendiri baru resmi diperkenalkan Xiaomi pada 24 Agustus 2026. Xring O3 juga jadi chip pertama yang secara resmi mendukung standar memori LPDDR6. Xiaomi 18 Fold sendiri jadi kelanjutan lini ponsel lipat flagship Xiaomi, yang selama ini bersaing ketat dengan ponsel lipat besutan Samsung maupun Huawei. Kehadiran memori LPDDR6 ini diharapkan jadi salah satu nilai jual utama, di tengah persaingan pasar ponsel lipat yang makin ramai.
r/indotech • u/bonbonz000 • 20h ago
Artificial Intelligence Tentang AI di Indonesia dari kacamata awamludin
Halo agan dan igin yg berbudiman, ane mau berdiskusi dan meminta pendapat dalam kapasitas mahluk awam yg paling seksi. Sedikit background ane adalah org bisnis kolot yg ga bgitu paham banget sama teknologi.
- Mengingat AI saat ini sudah memiliki kapasitas menciptakan banyak hal dari scratch (meskipun masih banyak ketidaksempurnaan), apakah artinya orang dengan kemampuan non programmer tapi mengerti konsep sistem, bisnis dsbnya, akan memiliki chance yang sangat besar untuk membuat produk yg profitable?
- jika iya, apakah artinya populasi dari produk2 IT akan meningkat dengan gila? apakah akan terjadi banting2an harga di masa depan?
- jika hal itu terjadi, apakah produktivitas bisnis akan meningkatkan pesat? mengingat banyaknya solusi teknologi untuk berbagai macam kebutuhan bisnis yg tercipta
- ane yakin di titik ini aja sudah banyak bisnis baru yg tercipta dengan adanya AI ini, kedepannya apakah beberapa bisnis model akan meninggal, dan bisnis model baru akan lebih banyak tercipta?
- ane yg awam ini merasa amaze dengan per AI an ini, ane berpikir bagaimana ya cara ride the wave yang sedang terjadi ya, kebetulan ane senang banget lihat orang menciptakan sesuatu dari scratch dan apalagi ciptaannya terpakai dan profitable..
- di Indonesia sendiri vs luar, apa sih yang membedakan dalam pemanfaatan AI ini, apakah meskipun hak aksesnya sama, kita masih tetap tertinggal?
- penasaran dengan masa depan AI ini, kira kira akan sejauh apa ya? apakah Terminator akan terjadi ya? hahaha
Good morning and rhank you agan dan igin semua🙂↕️🙏
r/indotech • u/DevJedis • 15h ago
Project Showcase Released an Android app to manage Mikrotik Hotspot
Just released my first android mobile app to help manage Mikrotik Hotspot for those running WiFi business.
Happy to hear from anyone this might have helped, the issues you find, and the general comments.
You don't need to have real router to test it, demo button is available on the onboarding screen to navigate the entire app to see if the functionality fits your needs. Useful links for compliance:
App Link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kerustudios.hotspotfly
Privacy Policy: https://www.kerustudios.com/products/hotspotfly/privacy
Delete your Data: https://www.kerustudios.com/products/hotspotfly/delete-data
r/indotech • u/phbttt • 18h ago
General Ask From Android to Apple, should I go for it?
For context gw udah pake android dari mulai Oneplus one, pindah ke Xiaomi 8, sampe terakhir pake S25+ (daily driver sekarang).
Somehow gw kepingin coba ganti ke apple, dan karena baca2 dan scroll beberapa review di youtube kalo Iphone 17 base model nya sekarang lebih worth it daripada pro model, jadi ga mahal2 amat. Should I give it a try?
r/indotech • u/Firm-Magazine-7907 • 13h ago
Network and Security Share NordVPN account to subscribe together?
Hello Indotech people. I would like to ask to all experts of network and security here. I am currently building a homelab, my main objective is to make NAS,Pi-hole, and MAINLY also torrenting (jellyfin). I am looking for a good VPN to buy and I come across two of the most popular name :
- NordVPN
- ProtonVPN
I saw that we can buy NordVPN and can share for 10 devices together at Rp 1.029.000 per year. (Rp 100.000+- per person/year)
Is it wise to share the account? Or maybe limit she sharing to 6-8 people? If it is possible, anybody interested to join together?
Thank you suhu semua. And would love to get some tips regarding homelab and NAS building 🙏🙏🙂😊
r/indotech • u/whymeid • 20h ago
General Ask Mau bikin ala-ala PSP GO, Rekomendasi jasa 3d printer!
Ini pertama kali aku pengen nyoba print 3d.
desain sudah aku buat, sudah aku coba di orca slicer dan tidak ada masalah.
Pengen nyoba jasa 3d printer yang ada di shopee. ada rekomendasi? atau non-shopee daerah surabaya? dan apa yang perlu aku perhatikan sebelum melakukan print?
terimakasih teman-teman indo tech.
(sory klo ada kesalahan di flar)
r/indotech • u/Ok-Secretary6288 • 5h ago
Tech News RAM prices have begun to go down in the Asian market
How soon do u guys think ram price bakalan turun di Indo? Lemme start, I assume it's gradually down dalam jangka waktu 3-6-9 bulan ini but who knows wkwk
r/indotech • u/shikanekoooo • 15h ago
Network and Security aku perlu rekomendasi wifi
jadi lately i have trouble with my wifi (myrep) since kamis malem then they told us to fix the wifi and they did visit our apartment unit jumat malem but endded up they fix nothing at all
then the technician told us to fix the wifi di sabtu pagi but endded up nothing at all
me and my siblings udah contact cs and they like iya kita bakal bantu follow up lagi like ber puluhan kali
we still had mothing to fix until now
what should we do
my apartment only support myrep + xl satu and at this point there's no good option other than relying our mobile hospot
and even then its not fast
r/indotech • u/RendyMW • 10h ago
General Ask Harus ngapain kalau baru ganti baterai di SC? POCO X7 PRO
mumpung masih perawan lagi baterainya,apakah perlu kalibrasi baterai atau harus ngapain??
ngikut sekte full cas di 80% biar awet dan ga kembung lagi?
Atau ada saran yang lain?
r/indotech • u/orangpelupa • 17h ago
Bug Why tokopedia often got wrong calculation on checkout? Ga lulus matematika kayaknya app di gw
Sejak dibeli tiktok terus dulu mulai di enshittification jadi ga bisa matematika gitu
Edit :
Silent downvoters pada ga bisa komen karena akun baru atau kenapa?
Genuinely curious. Karena komentar orang2 pada kena silent downvotes
r/indotech • u/Grempont • 20h ago
Gadget and Devices Saran IEM di bawah budget 200k merek apapun
Merek apapun bebas karakteristik middle ke high yang dominan gan budget 200k ke bawah kalo bisa terimakasih
r/indotech • u/Ly7Ly7Ly7 • 1d ago
Online Services BANSOS NEGARA KAYA, WHEN YAH...
modal daftar kuliah dapet bansos premium boss😋
Next Target: Google AI Pro for US Student
r/indotech • u/Brave-Read-5220 • 21h ago
Gadget and Devices Mending beli second phone atau beli tab ? butuh rekomen untuk pertimbangan
jadi lagi mikir buat nyari second device tapi cuman buat baca novel, main game biasa (fgo, arknight)
yang dicari setidaknya layar udah amoled, chipset setidaknya bisa buat game itu aja atau setidaknya nyari yang pas dibuat main gak tiba tiba panas karena mentingin peforma, batre awet.
budget maks 4 juta
lebih nyari buat comfort bukan peforma. mungkin ada rekomen yang bisa jadi pertimbangan (berharap sih ndak second)
r/indotech • u/Own_Put_814 • 1d ago
Electronic and Appliances Rumah tanpa grounding bisa bikin component pc ga awet kah?
Jadi awal bulan gue memutuskan buat ambil PC prebuilt. Nah, gue baru inget kalau instalasi listrik di rumah gue belum ada grounding.
Kira-kira dari pengalaman teman-teman disini, adakah yang PC nya bertahun-tahun sehat walafiat walaupun rumah nya belum digrounding? Apakah ada masalah atau aman-aman aja?